Manajemen Proyek: Software Aplikasi Manajemen Proyek Gratis

Manajemen Proyek: Software Aplikasi Manajemen Proyek Gratis

Definisi manajemen proyek adalah suatu proses perencanaan, pengaturan, kepemimpinan dan pengendalian proyek dengan memanfaatkan sumber daya seoptimal mungkin untuk mencapai tujuan.

Manajemen proyek bisa jadi bagian tersulit apabila tidak teroganisir dengan baik. Namun saat ini terdapat tool yang dapat mempermudah menyelesaikan pekerjaan dalam manajemen proyek. Alat bantu ini berupa software yang akan mempercepat dan mengelola proyek dengan lebih mudah dan terorganisir.

Baca juga : Manager Proyek - Bagaimana Tugas dan Fungsinya di Proyek Bangunan

Berikut ini sofware aplikasi manajemen proyek gratis yang dapat anda manfaatkan.

1. GanttProject

Merupakan aplikasi open source dibuat dengan bahasa pemrograman java. Aplikasi ini dapat berjalan pada Windows, Mc OS x (Linux). Untuk lebih fleksible dalam pemakaiannya anda dapat mendowload file instalnya.

2. OpenProj

Serupa dengan GanttProject, aplikasi ini merupakan open source dan merupakan paling populer karena kompatibel dengan file Microsoft Project.

Sedangkan aplikasi manajemen proyek yang berbasis web online anda dapat mencoba berikut ini:

1. Teambox

Teambox kolaborasikan manajemen proyek yang didalamnya terdapat tool berbagi tugas, pesan, melampirkan file dan pemberitahuan dengan email. Teambox ini juga berbasis open source. Teambox menawarkan manajemen 3 proyek untuk gratis dan 3000 proyek untuk versi premium.

2. Asana

Apabila Anda sedang mencari sesuatu yang dapat menunjang dalam manajemen proyek, maka Asana adalah Aplikasi yang cocok. Aplikasi ini pun free sampai 30 pengguna. Sesudah Anda mendaftar & terhubung Asana, Anda butuh untuk membiasakan diri dengan antar muka Asana. Lantaran antar mukanya sendiri dianggap lumayan ramai oleh beberapa orang. Anda tak perlu terintimidasi, karena secara garis besar, penerapan ini hanya mempunyai tiga bagian penting :

Pertama kolom di sebelah kiri dapat menampilkan list lembar kerja proyek Anda. Panel ini pun diperlukan untuk melakukan kegiatan seperti menambahkan orang baru, membuat suatu proyek, membuat kelompok, & manajemen tag.

Kedua terhadap bagian tengah akan ditampilkan pekerjaan pada proyek yang anda pilih pada sisi kiri. Bagian tugas serta dapat dikelompokkan & ditandai.

Terakhir bagian ketiga pada di sisi kanan. Di sini akan ditampilkan rincian ekstra mengenai item yang Anda pilih di panel tengah. Di menu ini pun mampu ditambahkan komentar & sebagainya.

Asana sangat interaktif. Apabila seorang anggota tim lain menambahkan komentar terhadap tugas tertentu, yang lainnya akan diberitahu seketika & akan ditambahkan ke dalam percakapan, sebab semua orang dapat melihat pesan baru ditambahkan dengan cara real time.

3. Basecamp

Basecamp juga merupakan aplikasi alternatif untuk proyek manajemen & kolaborasi tugas yang berbasis website. Di dalamnya terdapat fitur untuk sharing, manajemen deadline tugas, menambahkan tugas, menambahkan umpan balik, & fokus kepada komunikasi & kolaborasi. Namun Basecamp hanya bisa dipakai 30 hari untuk periode percobaan.

4. Teamwork

Media manajemen proyek berbasis website yg mempermudah manajer, staf & klien bekerja dgn dengan cara online. Anda dapat meraih ruang free buat 2 proyek. Anda dapat upgrade ke version yang berbayar buat memperoleh penambahan ruang projek.

5. Ajaxworkspace

AJAXworkspace menawarkan lebih dari 10 manajemen proyek online & feature kolaborasi seperti dashboard proyek, pelacakan piranti, manajemen pekerjaan, manajemen dokumen, file berbagi, & diskusi. Semuanya terintegrasi dalam satu fungsi kolaborasi sederhana & mudah dimanfaatkan.

Dari beberapa aplikasi manajemen di atas anda dapat mencoba yang cocok dengan anda. Selamat mencoba.

Terimakasih telah membaca dan Share Manajemen Proyek: Software Aplikasi Manajemen Proyek Gratis

Silahkan Share :

Previous
« Prev Post

Artikel Lain