Cara Membuat Lantai Teraso Sistem Cor di Tempat

lantai teraso

strategiproyek.com - Teraso ialah salah satu material yg dipergunakan untuk finishing penutup lantai bangunan baik itu hunian, gedung perkantoran, hotel dan sebagainya. Teraso telah dikenal sejak dulu bisa saja sejak jaman penjajahan.
Teraso adalah campuran dari semen ditambah air secukupnya & batu alam
Biasanya yang terkenal adalah batu padalarang yang digunakan sebagai bahan teraso. Selain itu dapat memakai batu Lampung, batu Sukabumi, batu Tulungagung. Tidak hanya itu batu untuk teraso dapat ditukar dengan kulit kerang atau oleh kaca sehinggga diperoleh efek kilap. Agar dapat digunakan untuk bahan teraso, batu ini terlebih dahulu dilakukan proses penggilingan atau selep sehingga diperoleh ukuran kecil relatif sama.
Baca juga : Finishing Semen Poles Keindahan Buatan nan Eksentrik, Begini Cara Membuatnya
Ketebalan lantai teraso yakni 2 centi meter terdiri dari bagian badan & kepala, dinamakan bagian badan terdiri dari campuran beton (Pasir & semen sedangkan kepala terdiri dari campuran semen ditambah batu teraso (Batu Padalarang, Batu Lampung, Batu Tulung Akbar & lain lain) dengan perbandingan 1 : 2, satu bagian untuk campuran semen & dua bagian batu alam.


Pemasangan lantai teraso akan lebih baik bila memakai sistem cor ditempat. dengan pertimbangan pengerjaannya lebih langsung dan tidak hanya itu motif serta warnanya dapat dibentuk jadi beraneka ragam macam contohnya motif bunga atau motif kompas dan lain-lain.

Untuk pemasangan teraso cor ditempat dengan ketebalan 2 cm mesti berada di atas lantai kerja dengan ketebalan minimal 5 cm, lantai kerja yakni campuran beton (rabat beton).

Sesudah lantai kerja tersedia baru kita cor teraso dengan ketebalan 2 cm, dimana campuran teraso ini terdiri dari campuran semen & batu dengan komposisi per meter persegi yaitu 20 kg buat semen & 35 kg utk batu teraso, diratakan & dibiarkan selama kurang lebih 7 hari sebelum dilakukan pemolesan.

Untuk menghindari keretakan terhadap lantai teraso cor ditempat kita dapat memakai nat atau lis dari beragam bahan contohnya lis alumunium, lis kuningan, lis stainless steel atau dari bahan kaca sekalipun.

Apabila lantai teraso telah cukup kering lakukan pemolesan dengan memanfaatkan mesin poles agar lantai teraso nampak lebih mengkilat & bersih. Namun apabila anda memilih selera lebih natural bisa dipoles sampai tingkat hone (matte).

Terimakasih telah membaca dan Share Cara Membuat Lantai Teraso Sistem Cor di Tempat

Silahkan Share :

Previous
« Prev Post

Artikel Lain