Mengetahui Fungsi Kerja Tower Crane

Mengetahui Fungsi Kerja Tower Crane

Bagian dari menara derek/TC (Tower Crane)

Sebelum anda membaca lebih jauh, alangkah baiknya kita tahu sebelumnya tentang bagian-bagian menara derek (TC).



Baca juga : Peralatan Untuk Teknik Pengecoran Beton yang Baik

Menara derek setidaknya terdiri dari 3 bagian:

1. Pondasi

Bagian ini berfungsi menerusan beban menara derek ke tanah keras dan sebagai penahan sehingga menara derek tidak jatuh. Ini adalah bagian dari kaki Menara crane dibaut pada pondasi beton besar dan kuat.

2. Tiang/Standar

Bagian ini merupakan bagian dari vertikal menara derek yang bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan proyek. Di bagian ini terdapat tangga vertikal dibagi per bagian yang akan digunakan oleh operator untuk naik ke atas.

3. Unit yang dapat berputar

Bagian ini terdiri dari 3 bagian:

a. horizontal jib


Horizontal jib adalah bagian horisontal dari menara derek yang panjang dan berfungsi sebagai bagian dari beban bantalan. Disebut juga sebagai angkat jib atau kerja jib.

b. mesin jib

Dalam bagian ini terdapat motor penggerak menara derek, perangkat elektronik dan beton besar yang berfungsi sebagai keseimbangan. Oleh karena itu juga disebut jib keseimbangan.

c. kabin operator

Tempat dimana operator bekerja. Ruang ini harus memiliki jendela-jendela yang besar untuk memastikan bahwa operator memiliki tampilan penuh terhadap tempat konstruksi. Mengingat tempat ruang operator yang tinggi, perlu juga harus dilengkapi dengan AC dan fasilitas lainnya.

Kapasitas beban Tower Crane

Menara derek memiliki spesifikasi sebagai berikut:
  • Ketinggian maksimum berdiri sendiri-265 ft (80 m)
  • Menara derek mungkin memiliki lebih dari 80 meter tinggi hanya jika menara derek diadakan/tergantung pada bangunan sehingga dapat tumbuh bersama dengan meningkatnya ketinggian proyek bangunan
  • Maksimum kisaran-230 kaki (70 meter)
  • Maksimum mengangkat – 18 metrik ton, 300 ton-meter
  • Berat kontra-20 ton

Beban maksimum menara derek adalah 18 ton tapi menara derek harus mengangkat berat itu di ujung jib yang terpanjang. Posisikan beban yang diangkat dekat dengan tiang menara derek.

Oleh karena itu, penggunaan Menara crane mengikuti prinsip 300 ton-meter. Artinya ketika beban adalah 30 meter dari tiang, maka beban yang diizinkan adalah 10 ton. Ketika beban 50 meter, maka beban diperbolehkan 6 ton.

Menara derek dilengkapi dengan dua tombol batas untuk memastikan operator tidak mengangkat berat kelebihan.

Bagian Dasar Tower Crane

Elemen pertama yang menjamin stabilitas menara derek adalah landasan beton besar telah dicor terlebih dahulu. Pondasi ini biasanya memiliki ukuran 10 x 10 x 1.3 meter (tetapi juga tergantung pada jenis menara derek untuk digunakan). Ada juga jenis pondasi minipile 4 titik yang akan mendukung beban dari masing-masing kaki menara derek. Besar baut tertanam dalam pondasi.

Mengatur Tower Crane

Tahap pertama, dengan bantuan horizontal jib mobile crane bagian dan mesin diletakkan di atas dua pondasi beton. Mobile crane kemudian menambahkan berat kontra. Sementara vertikal menara derek dipasang dengan bantuan mobile crane juga.

Terimakasih telah membaca dan Share Mengetahui Fungsi Kerja Tower Crane

Silahkan Share :

Previous
« Prev Post

Artikel Lain