Menghitung Luasan Bangunan dengan Cepat, Pakai Saja AutoCAD!

menghitung luasan bangunan

Kemampuan untuk meghitung luasan bangunan tidak hanya mutlak dikuasai oleh seorang qs (quantity surveyor) ataupun estimator bangunan saja. Bagi perencana bangunan pun hal ini menjadi bagian dari dasar desain dan perencanaan bangunan.

Sebelum adanya software untuk aplikasi gambar yang sekarang ini banyak sekali dipakai dalam teknik gambar bangunan, metode yang dipakai adalah secara manual yakni menghitung luasan dikertas dari gambar yang dibuat tangan. 

Menghitung secara manual ini mengandalkan notasi ukuran dan skala yang ada di gambar, tentu pula penggaris sebagai alat ukur.
Namun demikian seiring bertambah canggihnya software sekarang ini, menghitung luasan bangunan dengan metode manual sudah ketinggalan jaman.

Dokumen gambar yang berlembar-lembar dan volume bangunan yang besar bila masih menggunakan hitung manual dijamin memerlukan waktu yang lama.

Sedangkan bila dokumen gambar sudah dalam bentuk digital, dalam hal ini digambar memakai software autocad akan lebih mudah untuk menghitung luasannya dan waktu yang diperlukan lebih singkat.

Langkah awal, buka file gambar di software autocad. Untuk menghitung luasan lantai denah bangunan yang sebelumnya sudah digambar dengan autocad gunakanlah tool draw polyline. Dengan polyline, garis yang dihasilkan terlihat bersambung apabila kita klik nantinya.

Aktifkan object snap agar polyline tepat pada titik denah yang akan ditimpa. Setelah selesai membuat garis polyline tertutup diatas gambar denah, tinggal klik kanan garis tersebut dan cari properties kemudian klik. Pada properties lihat geometry, disitu tercantum area (luasan) dan length (panjang garis).

Untuk memunculkan tab properties, selain klik kanan bisa juga dengan cara klik obyek garis polyline kemudian tekan tombol ctrl dan tombol 1 pada keyboard.

Selain kedua cara tadi, untuk mengetahui area dan length garis polyline tersebut dapat juga dengan cara ketik li pada command yang letaknya ada dibawah, selanjutnya tekan tombol enter, akan muncul jendela autocad text windows. Terlihat di jendela tersebut berapa area (luasan) dan length (panjang garis) dari garis polyline itu. 

Dan akhirnya boom! dengan cepat luasan dapat kita ketahui.

Terimakasih telah membaca dan Share Menghitung Luasan Bangunan dengan Cepat, Pakai Saja AutoCAD!

Silahkan Share :

Previous
« Prev Post

Artikel Lain