Istilah 1 gang 2 way switch Pada Saklar


Jenis Saklar | istilah gang dan way pada saklar

strategiproyek.com - Kadang kita bingung dengan beberapa istilah yang digunakan dalam kegiatan proyek bangunan. Bisa dimaklumi karena dalam proyek banyak melibatkan orang dengan disiplin ilmu yang berbeda. Namun hal tersebut dapat diselesaikan setelah masing-masing paham dengan apa yang dimaksudkan. Istilah penyebutan nama benda atau teknik pekerjaan dalam proyek bangunan akan bertambah rumit dan memerlukan pemahaman apabila penggunaannya dicampur antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris misalnya. Setelah ditunjukkan bentuk bendanya baru ngeh, o..itu maksudnya.

Salah satu contoh istilah tersebut adalah penggunaan kata gang dan way switch dalam aksesori listrik. Tahukah pembaca maksud tersebut?
Iya, benar. Anda dapat menjumpainya misalnya dispesifikasi listrik yang dikeluarkan oleh konsultan MEP (Mechanical Electrical & Plumbing) untuk menyebut aksesori saklar yang akan digunakan. Disitu akan disebutkan misalnya aksesori saklar yang dipakai adalah 1 gang 1 way switch, 2 gang 1 way switch dan lainnya. Masing-masing berbeda fungsi dan bentuknya meski sama-sama saklar. Jadi harus cermat jika Anda seorang kontraktor atau Quantity Surveyor sehingga tidak mengalami kerugian dalam memberikan harga.

Mari kita kupas sedikit mengenai istilah dalam ilmu instalasi listrik tersebut. Tidak mendalam, namun perlu kita ketahui berkaitan dengan proyek bangunan terutama rumah tinggal.

Kegunaan Saklar

Saklar atau dalam bahasa Inggris disebut switch, merupakan alat yang berfungsi untuk memutuskan arus listrik ke beban dalam hal ini lampu penerangan. Sedangkan disebut saklar manual karena dioperasikan langsung oleh tangan manusia tanpa menggunakan alat bantu. Jenis saklar inilah yang banyak digunakan untuk proyek bangunan terutama rumah-rumah tinggal.

Jenis Saklar

Terus apa maksud gang dan way switch tersebut? istilah "gang" untuk menyebut jumlah tombol dalam satu unit saklar. Sedangkan "way" untuk menyebut arah hubungan. Contoh, jika disebut 1 gang 1 way switch berarti saklar tersebut bentuknya 1 tombol dengan kemampuan satu arah menghubungkan atau fungsinya menghubung dan memutus saja. Berikut contoh macam bentuk saklar manual.

saklar tunggal | saklar engkel

saklar seri | saklar double
saklar tukar | saklar 1 gang 2 way switch
saklar 1 gang 2 way switch

Selanjutnya ada lagi disebutkan 2 way switch, nah ini berarti saklar memiliki dua arah hubungan. Saklar ini memiliki kemampuan bekerja sebagai penukar/memindah arus. Jenis saklar ini lebih banyak dikenal sebagai saklar tukar. Contoh penggunaan saklar tukar adalah pada ruang tangga atau instalasi di kamar hotel untuk memudahkan mematikan lampu. Sehingga praktisi proyek sering menyebut dengan istilah saklar hotel. Dapat Anda lihat penjelasan cara kerja saklar hotel atau saklar tukar pada gambar di bawah ini.



skema cara kerja saklar hotel

diagram saklar tukar

Skema lampu saat menyala saklar tukar


skema lampu menyala pada saklar tukar | saklar hotel

Skema saat lampu mati saklar tukar

 

skema saat lampu mati saklar tukar | saklar hotel

Demikian penjelasan mengenai istilah gang dan way pada saklar listrik. Semoga dapat membantu.

Salam Proyek!

Terimakasih telah membaca dan Share Istilah 1 gang 2 way switch Pada Saklar

Silahkan Share :

Ini Artikel Terbaru

Artikel Lain