Lantai Kayu: Bahan Penutup Lantai Penuh Estetika

Lantai Kayu: Bahan Penutup Lantai Penuh Estetika

Setelah tahap struktur bangunan selesai selanjutnya menuju tahap berikutnya finishing. Persiapan yang dilakukan yakni membeli material bangunan untuk pekerjaan finishing sesuai dengan gambar rencana atau gambar kerja.

Terkadang meskipun material yang digunakan sudah direncanakan dari awal, namun tiba-tiba bisa berubah karena perubahan selera. Pemilihan material yang digunakan bisa cukup lama karena untuk mencoba material perlu dibuatkan 'mock up' atau contoh dilapangan.

Demikian juga dengan saat tahap untuk menutup lantai. Banyak sekali jenis material finishing penutup lantai antara lain marmer, keramik, homogeneus tile, lantai kayu, bahkan hanya "sekedar" lantai semen poles.

Bahan penutup lantai dari kayu bisa berupa:

1. Lantai Decking

Lantai Kayu: Bahan Penutup Lantai Penuh Estetika

Berupa potongan papan kayu dengan berbagai potongan dengan panjang yang sama atau tidak atau menyesuaikan ukuran dilapangan. Ukuran mulai dari lebar 9-12 cm dan panjang bisa sampai 3 m. Untuk ketebalan kurang lebih 2 cm.

Jenis kayu yang baik digunakan untuk lantai kayu model ini adalah ulin, merbau dan bengkirai. Lantai decking biasa digunakan di ruang outdoor misalnya untuk teras dan pinggir kolam renang.

Untuk pemasangannya menggunakan rangka balok kayu dibawahnya sebagai bantalan. Rangka balok yang digunakan bisa menggunakan ukuran 5x7 cm. Agar permukaan rata lapisan lantai sebelumnya harus minimal di rabat cor. Sedangkan apabila dipasang di lantai cor tinggal pasang rangka diatas cor tersebut.

2. Parket Lantai Kayu

Lantai Kayu: Bahan Penutup Lantai Penuh Estetika

Merupakan bentuk lain dari kayu yang digunakan untuk menutup lantai. Berupa potongan-potongan papan kayu yang lebih kecil. Parket kayu ini bisa berupa kayu solid dan engineered yakni kayu lapis atau plywood yang bagian atasnya diberi lapisan veneer (lembaran kayu yang dipotong tipis) kayu asli.

Untuk parket kayu solid kayu yang digunakan dan favorit adalah jati dan merbau. Ukuran parket kayu ini lebar 9 cm panjang 90-120 cm dan mempunyai ketebalan 1,8 cm. Lantai parket ini biasa digunakan di ruang kamar tidur dan keluarga.

Ada berbagai teknik untuk pemasangan parket lantai kayu ini. Lantai beton terlebih dahulu di aci dengan rata kemudian diberikan lapisan waterproofing selanjutnya pemasangan parket kayu solid ini menggunakan lem khusus.

lantai parket kayu solid

Sedangkan teknik yang lain adalah lantai yang sudah diaci rata, parket tinggal disusun karena sudah terdapat profil untuk saling mengunci antara papan satu dengan lainnya.

Finishing Lantai Kayu

Papan lantai kayu yang masih mentah selanjutnya permukaannya dihaluskan dengan mesin amplas. Kemudian diberikan pewarnaan natural untuk tetap memperlihatkan serat kayu yang alami. Untuk ruang outdoor cat finishing yang bagus adalah lasur.

Papan kayu maupun parket yang sudah jadi dan tinggal pasang tidak perlu banyak dilakukan proses finishing dilapangan. Hanya perlu lebih berhati-hati saat pemasangan agar lapisan cat finishingnya tidak rusak.

Perawatan Lantai Kayu


Untuk menjaga performa dari lantai kayu perlu dilakukan perawatan berkala. Untuk membersihkanya cukup disapu dan gunakan lap lembab saja tidak boleh menggunakan air berlebihan. Lebih baik menggunakan cairan kimia yang khusus untuk membersihkan permukaan kayu.

Apabila lantai kayu sudah terlihat kusam, terutama di outdoor, perlu dilapisi ulang dengan cat finishing yang sama.

Lantai kayu ini memberikan kesan hangat dan alami. Jika Anda ingin mencoba dan merasakan suasana ruangan yang alami dan penuh estetika dapat menggunakan lantai kayu di kediaman Anda. Selamat mencoba.

Terimakasih telah membaca dan Share Lantai Kayu: Bahan Penutup Lantai Penuh Estetika

Silahkan Share :

Previous
« Prev Post

Artikel Lain