Perbandingan Harga Terpasang Bata Ringan dan Bata Merah (Studi Kasus)


strategiproyek.com - Untuk memperoleh biaya yang sesuai budget dalam proyek, sering kita membandingkan harga terlebih dahulu antara penggunaan material satu dengan lainnya.

Menjadi menarik bagi kita apabila kita mengetahui anggaran biaya yang harus kita keluarkan tiap-tiap item pekerjaan. Sebagai contoh, penggunaan material bangunan untuk penutup dinding antara bata ringan dan bata merah.

Berapakah perbandingan harga terpasang bata ringan dengan bata merah? dan berapa pula biaya masing-masing dinding jadi setelah diplester dan diaci keduanya sehingga diperoleh harga dinding per m2 nya?
Baca juga: Bagaimana Cara Mudah Menghitung Harga Terpasang Bata Ringan?

Perbandingan Harga Terpasang Bata Ringan dan Bata Merah

Berikut ini saya uraikan analisa masing-masing bahan hingga diperoleh harga per m2 nya.

Perbandingan Harga Terpasang Bata Ringan dan Bata Merah
Analisa Perhitungan Pasang Bata Ringan





Perbandingan Harga Terpasang Bata Ringan dan Bata Merah
Analisa Perhitungan Plesteran dan Acian

Saya ambil salah satu dari tabel analisa, jika anda menggunakan bata ringan dengan ketebalan 10 cm maka harga dinding terpasang termasuk plester dan acian dua sisi diperoleh Rp. 290.040,- per m2.

Sedangkan jika menggunakan bata merah maka diperoleh harga dinding terpasang diperoleh Rp. 260.660,- per m2.

Perbandingan Harga Terpasang Bata Ringan dan Bata Merah
Analisa Perhitungan Pasang Bata Merah

Sehingga dapat diambil kesimpulan harga terpasang dinding menggunakan bahan bata ringan lebih mahal daripada dinding yang menggunakan material bata merah. Persentasenya, membuat dinding dengan material bata ringan kurang lebih 11% lebih mahal daripada menggunakan bata merah.

Akan tetapi dalam suatu proyek perbandingan harga tidak mutlak menjadi penentu dipilihnya material yang akan digunakan. Faktor lain seperti kecepatan pelaksanaan, ketersediaan material, mutu yang ingin dicapai merupakan hal yang menjadi pertimbangan juga dalam pemakaian material bangunan.
Baca juga: Bata Ringan Aerasi - Teknologi Bahan Bangunan
Nah, setelah anda mengetahui studi analisa perbandingan harga ini, anda dapat mempertimbangkan pemilihan material terbaik yang akan anda gunakan dalam proyek impian anda.

Terimakasih telah membaca dan Share Perbandingan Harga Terpasang Bata Ringan dan Bata Merah (Studi Kasus)

Silahkan Share :

Previous
« Prev Post

Artikel Lain

2 komentar

17:26 delete

Perbandingan untuk kecepatan, bata ringan lebih cepat sepertinya. Bagaimana untuk mutu, mana yang lebih bagus? Trims

Balas
avatar
17:26 delete

Untuk mutu, saya pribadi memilih bata ringan Pak Eduardus. Semakin banyaknya produk bata ringan tentu saja kita harus membandingkan material bata ringan satu dengan yang lain. Ditunjang dengan skill tukang, peralatan yang digunakan, material penyusun tembok antara lain, semen perekat dan semen acian (mortar instan). Dijamin hasil tembok memuaskan. Contoh kasus: dinding hotel-hotel saat ini. Thx

Balas
avatar